Sebenarnya penting nggak sih menggunakan Antivirus di Smartphone?



Android dan iOS merupakan dua sistem operasi perangkat pintar yang paling banyak digunakan di dunia saat ini. Banyaknya jumlah pengguna tentu membuat para peretas tergiur untuk membajak atau menyusupi program jahat untuk mencuri data-data penting pada smartphone pengguna.

Sebagai solusi, sejumlah perusahaan Antivirus menawarkan aplikasi Antivirus terbaik mereka dengan klaim bakal mengamankan dan menebak keberadaan aplikasi jahat yang bakal mengancam penggunanya.

Hal ini juga tak lepas dari banyaknya artikel yang membahas tentang pentingnya penggunaan Antivirus pada smartphone terutama pada sistem operasi Android. Namun tak sedikit juga pengguna yang mengeluhkan penggunaan Antivirus justru membuat smartphone mereka menjadi lemot dan boros baterai.

Selama ini banyak pengguna smartphone yang menyangka bahwa virus pada Android atau iOS bekerja seperti virus pada sistem operasi Windows di laptop atau pada PC, padahal tidak.

Pada PC Windows, malware bisa menyusup ke dalam sistem hanya dengan mengklik link tertentu atau menjalankan aplikasi yang telah disusupi oleh malware atau virus. Selain itu, penggunaan flashdisk secara sembarangan bisa menjadi sumber menyebarnya virus atau malware dengan mudah.

Sedangkan di Android, serangan malware tidak semudah itu, pengguna harus mengijinkan atau memberi persetujuan terlebih dahulu agar aplikasi yang berasal dari sumber tidak resmi atau diluar Google Play Store bisa terpasang.

Google Play Store sendiri juga telah memiliki keamanan tinggi dan perlindungan berlapis. Berbagai aplikasi yang ada di Google Play Store telah mengalami pemindaian terlebih dahulu baik melalui pemindaian komputer bahkan manual.

Hasilnya, malware ataupun virus akan lebih sulit untuk menyusup masuk dalam sistem Android. Perlindungan ini ada saat mengunduh aplikasi dari Google Play Store, kamu akan melihat tulisan Verified by Play Protect dengan centang berwarna hijau.

Lalu, jika cara kerja Antivirus mirip dengan Google Play Protect, apakah perlu memasang Antivirus di Android?

Jika kamu nyaman dengan segala efek pemakaian Antivirus tersebut, tentu bebas saja untuk memasangnya, namun jika kamu terganggu atau meragukan efektivitasnya, sebaiknya buang pikiran untuk memasang aplikasi Antivirus tersebut.

Saya pun tidak pernah menggunakan Antivirus pada ponsel Android ataupun iOS, selama pengguna paham cara menggunakan ponsel pintar dengan tidak membuka jalan lebar-lebar bagi malware ataupun virus untuk menyusup, maka ponsel pintar anda aman tanpa Antivirus.

Untuk alasan kenapa antivirus tidak diperlukan, sebaiknya simak info berikut...


0 Response to " Sebenarnya penting nggak sih menggunakan Antivirus di Smartphone?"

Posting Komentar